Sunday, December 24, 2017

STARTUP – STARTUP INDONESIA YANG SEMAKIN MEMPERLANCAR DAN MEMPERMUDAH KEHIDUPAN SAYA

BY Haris Fadillah 6 comments


STARTUP E-COMMERCE
Start up saat ini sudah semakin banyak di bumi indonesia kita ini . terutama e-commerce , dengan semakin banyaknya start up e-commerce ini tentu sangat membantu dan mempermudah saya bahkan kita semua , baik dalam menjual sesuatu maupun juga membeli sesuatu . bahkan e-commerce juga dapat membantu dari segi marketing (pemasaran) produk yang ingin dijual dan barang – barang yang dijual juga biasanya lebih murah di e-commerce bila dibandingkan dengan yang dijual ditoko – toko biasa . #StartupLyfe

Terdapat banyak pilihan barang


                   Terdapat banyak pilihan barang yang disajikan e-commerce , tentu saja ini menambah pilihan saya mencari barang dan menentukan barang yang terbaik dan termurah. Dan dengan e-commerce juga semakin memperluas jangkauan dan mempermudah saya mencari barang tidak seperti saat saya ke pusat perbelanjaan atau ke toko, pilihan yang tersedia hanya pilihan yang ada di toko tersebut dan tempat –tempat disekitarnya.

Sangat membantu untuk orang – orang mager


e-commerce juga sangat membantu untuk orang – orang yang malas gerak atau mager seperti saya untuk mencari barang secara langsung ditoko atau harus cek barang satu – satu ditoko untuk melihat harga dan membandingkannya supaya mendapatkan barang yang cocok dan juga dengan harga yang paling murah tentunya . Karena dengan menggunakan smartphone atau juga bisa diakses melalui website hanya tinggal click atau sentuh . dengan banyaknya pilihan e- commerce yang ada di Indonesia kita dapat melihat harga dan membandingkan harga pada setiap e-commerce yang ada di seluruh Indonesia . tidak perlu lagi survey  ke setiap toko – toko dan pusat – pusat perbelanjaan untuk melihat dan menanyakan harga.

fitur seperti kategori dan pencarian mempersingkat waktu


dan pada e-commerce saya dapat mempersingkat waktu dalam melakukan pencarian barang yang  saya inginkan , karena terdapat kategori – kategori dalam e-commerce yang memudahkan saya dalam mencari barang yang diinginkan. Fitur pencarian juga mempermudah saya mencari barang yang saya inginkan . contohnya setelah mencari harddisk di kategori , saya mendapat banyak pilihan harddisk , namun yang saya mau hanya harddisk yang bermerek WD tinggal ketikkan WD pada fitur pencarian kemudian kita dapat melihat harddisk yang bermerek atau bahkan bertuliskan WD . sering sekali kita pergi ke toko , mall atau pusat perbelanjaan dan menghabiskan waktu yang lama ,tapi barang yang dicari justru tidak di dapat , ongkos dan waktu untuk menuju ke pusat perbelanjaan malah terbuang dengan sia - sia.

Bisa mencari sesuai budget


                   Banyak aplikasi yang memiliki fitur filter sebagai pengukur harga . ini amat sangat membantu saya dan kita dalam mencari barang sesuai dengan budget yang kita miliki hanya tinggal tentukan range harga yang cukup dengan budget.contoh jika ingin mencari barang yang seharga 150 ribu dengan fitur ini akan menyortir barang –barang dengan harga 150 ribu ke bawah Dan cari dari harga terendah . tentu saja fitur ini akan menghemat budget pengeluaran dan tabungan saya.

Dapat mengirim barang ke seluruh Indonesia


                   Dengan e-commerce orang tua saya yang berada di aceh juga dapat menerima barang pesanan yang diinginkan . bulan lalu ayah saya minta dipesankan sepatu olah raga untuknya yang ingin mengikuti jalan santai yang diselenggarakan kantornya . jadi saya pesankan dan saya rubah alamat pengiriman ke alamat rumah orang tua saya .untungnya barang sampai tujuan dengan sesuai waktu yang ditentukan . ada beberapa e-commerce yang jasa pengirimannya ditampilkan estimasi waktu kapan barang sampai pada tujuan. Jadi saya dapat memilih ingin menggunakan jasa pengiriman yang mana. Biasanya pada e-commerce terdapat banyak pilihan jasa pengiriman dan estimasi waktu barang tersebut sampai tujuan . semakin cepat dan jauh barang tersebut akan dikirim akan semakin tinggi ongkos kirimnya.
                  
Event dan diskon yang besar



Banyak aplikasi e-commerce yang menjual barang – barang tertentu dengan harga miring , dan pada saat event – event tertentu mereka memberikan discount gila – gilaan dan ini tentu saja diburu oleh orang – orang pengila diskon dan juga untuk orang – orang yang sedang membutuhkan barang yang dicarinya dan terdapat juga voucher – voucher potongan harga yang menarik saya untuk membeli barang karena dengan harga yang murah dan potongan harga  yang lumayan besar kita dapat menghemat pengeluaran , atau dapat membeli barang lainnya .

Beberapa waktu lalu saya sedang sangat memerlukan harddisk eksternal , saya cari barangnya disekitaran daerah tempat tinggal saya dan kepusat perbelanjaan alat computer , harga – harga hardisk 1 Tera ternyata cukup mahal ditempat – tempat yang saya kunjungi dan lagi pula pilihan mereknya tidak banyak dan tidak banyak pilihannya  , dan saya memutuskan untuk mencarinya dengan aplikasi – aplikasi e-commerce ,pada aplikasi e-commerce dengan adanya fitur kategori dan pencarian mempermudah saya mencari barang yang saya mau , dan juga fitur katalog dan filter dapat mempermudah saya dalam membandingkan harga yang satu dengan barang yang lain dan melihat jenis -  jenis barang yang diinginkan dari tempat yang berbeda – beda , dan kebetulan sekali saat itu sedang HARBOLNAS ( HAri Belanja OnLine NASional ) , barang – barang sedang diskon besar – besaran maklum HARBOLNAS hanya ada setahun sekali dan hardisk yang saya cari juga diskon besar , bahkan barang lain juga diskon besar , hingga akhirnya saya kalap dan juga membeli barang – barang lain karena sedang diskon besar. Seperti headphone gaming , mouse gaming , coolpad dan mouse pad.

Buka 24 jam


                   Ini tentu saja sangat membantu saya pada saat itu tengah malam saya sedang asik bermain game online . namun tiba – tiba listrik mati . ternyata saya lupa untuk melakukan pengisian ulang token listrik.  Dan saat itu semua toko tempat pembelian token listrik sudah tutup . saya ingat salah satu iklan yang menyebutkan untuk pembelian token listrik melalui salah satu startup ini . saya langsung pesan kemudian melakukan pembayaran . ini juga merupakan salah satu keuntungan dan kemudahan adanya start up seperti ini.
Keuntungan lain adalah kita dapat memesan barang kapan saja , baik itu siang ataupun malam . karena tidak seperti toko fisik yang ada waktu tutup dan waktu buka. Dari segi pandang sebagai pelanggan toko yang terus buka jelas lebih memudahkan

Informasi tentang barang

                   Terkadang jika saya membeli barang di toko fisik , terdapat keterbatasan informasi, karena sangat susah untuk memberi bekal kepada karyawan untuk menjawab pertanyaan pelanggan yang membutuhkan informasi seluruh produk -  produk. Pada aplikasi online saya hanya perlu membaca informasi deskripsi dari produk tersebut . dan sebagian besar informasi tersebut juga telah disediakan oleh vendor dari produk tersebut. Namun kita harus teliti dalam memilihnya . jangan sampai salah membaca.

Mengirim barang dengan cepat melalui ojek online 


Untuk anda yang tidak sabaran dan ingin segera memiliki barangnya, Beberapa e-commerce saat ini juga banyak yang sudah bekerja sama dengan aplikasi ojek online untuk mengantar barang supaya sampai tujuan dengan cepat . Jadi tidak perlu menunggu lama sampai barangnya tiba melalui jasa pengiriman yang biasa , cukup dengan memilih pengiriman melalui aplikasi ojek online , barang akan lebih cepat sampai pada kita. Tentu saja hanya untuk kota yang terdapat ojek online dan toko yang berada di daerah si pemilik barang berada .

Bulan lalu teman saya sangat membutuhkan smartphone karena smartphonenya sedang bermasalah . saya katakan pada teman saya untuk memesan melalui toko online saja . dia memesan smartphone melalui tokopedia . dia memilih untuk langsung diantar saat itu juga setelah dia melakukan pembayaran. Barang diantar menggunakan aplikasi ojek online. Sebenarnya dia ingin langsung menuju ketokonya untuk melihat barangnya secara langsung . namun lokasi tokonya terlalu jauh dan malas untuk bergerak ketempat yang jauh . Jadi dia memutuskan memesan dengan menggunakan ojek online.
Dan minggu kemarin saya juga melakukan hal yang sama namun barang saya pesan berbeda . saya membeli charger handphone karena charger punya saya tiba – tiba rusak dan baterai handphone tinggal setengah . saya sangat butuh handphone karena sedang mengerjakan tugas dan tugasnya banyak bahkan dikerjakan sampai besok pagi pun mungkin belum selesai , saya langsung memesan melalui aplikasi online . biasanya jika memesan secara online saya menggunakan jasa pengiriman yang biasa , namun karena ini kebutuhan mendesak saya menggunakan aplikasi ojek online sebagai jasa pengirimannya . biayanya pun tidak terlalu mahal . dan tentu saja hanya tunggu beberapa saat si mas ojek online pengantar barang pesanan tiba. Saya sangat terkesan dari yang biasanya harus memesan barang dari jauh – jauh hari supaya barang sampai tepat waktu. Sekarang disaat kebutuhan mendesak kita juga dapat memesan dan dikirim dengan cepat . kerja sama dua startup ini sangat membantu dan meperlancar hidup saya .

Tidak hanya membeli , pada beberapa aplikasi e-commerce kita juga dapat menjual barang dagangan seperti pada aplikasi bukalapak , tokopedia , dan aplikasi lainnya atau bahkan kita juga dapat menjual barang yang sudah tidak terpakai lagi seperti pada aplikasi OLX . dengan begini tentu dapat mempermudah para penjual untuk mencari pembeli. Dan menambahkan rezeki bagi para penjualnya. Jika dahulu pembeli hanya dari daerah sekitar atau wisatawan yang datang ke daerah  kini pembeli dapat darimana saja , dari berbagai daerah yang ada di indonesia .

STARTUP TRAVEL
Banyak startup – startup lainnya yang juga telah membantu dalam menggerakkan perekonomian bangsa ini , Startup lain yang juga banyak membantu saya adalah start up travel. Pada startup travel kita dengan mudah memesan tiket , baik itu kereta api , pesawat , resevasi hotel , bahkan tiket perjalanan wisata. #StartupLyfe

Pemesanan yang mudah    


Saya adalah perantau di ibukota , saya kuliah di salah satu sekolah tinggi teknik di Jakarta . saya berasal dari Banda aceh . dulu pada saat saya pertama kali ingin datang ke Jakarta jika ingin memesan tiket saya  harus pergi ke agen travel terlebih dahulu . dulu tiket dari banda aceh ke jakarta bisa mencapai 1 juta lebih apalagi jika kita membeli pada agen travel pasti harga akan sedikit naik , dan kita harus membawa uang tunai yang segitu banyaknya . karena menurut saya ribet harus pergi ke agen travel telebih dahulu dan harus bawa uang tunai yang banyak dan juga sampai di jakarta saya juga tidak tau dimana lokasi agen travel .
saya mencoba untuk menggunakan aplikasi online untuk memesan tiket , ternyata sangat mudah dan diarahkan dengan sangat detail . untuk orang yang baru pertama kali menggunakan aplikasi tersebut , itu termasuk tidak membutuhkan waktu lama hanya sekitar lebih kurang  9 menit , mungkin karena baru pertama kali menggunakannya . hanya dengan cara pilih dengan apa perjalanan yang kita inginkan . mau itu kereta api atau pun pesawat . pilih lokasi asal dan lokasi tujuan . kemudian pilih tanggal keberangkatan , kita juga bisa memesan tiket pulang - pergi , setelah memilih tanggal keberangkatan . akan ada banyak pilihan maskapai penerbangan dan jam keberangkatan yang berbeda -  beda. Pilih salah satu . isi kan data penumpang dan data pemesan , lalu lanjutkan ke pembayaran setelah selesai melakukan pembayaran tunggu hingga e –tiket muncul biasanya lewat email dan sms dan ada juga yang langsung dari aplikasi tersebut dan selesai . sangat mudah .

melihat harga tiket secara realtime

          kita dapat mengecek harga tiket pesawat secara realtime , jika kita ke agen travel kita harus langsung memesan tiket dan harganya adalah harga pada saat kita datang ke agen travel tersebut , karna tidak mungkin bolak - balik ke agen travel hanya untuk menanyakan harga tiket pesawat. Dengan adanya startup travel ini sangat membantu saya jika sudah dekat dan mengetahui kapan tanggal liburan , saya dapat melihat harga tiket dari jauh – jauh hari sebelum tanggal liburan dan memesan jika harga tiket sedang turun.  


Banyak pilihan –pilihan terbaru

          Pada startup travel yang baru – baru ini . banyak sekali aplikasi  - aplikasi travel yang menampilkan pilihan – pilihan yang tidak hanya pilihan pemesanan tiket pesawat dan kereta api namun juga ada reservasi hotel , apartemen , tempat wisata bahkan pulsa dan kuota juga ada pada aplikasi travel sekarang contohnya saja seperti traveloka .

Saya suka jalan – jalan baik itu disekitar daerah setempat mau pun keluar kota . saya pernah berkunjung ke batam , kepulauan riau . jujur pada saat saya berkunjung ke sana itu adalah pertama kali nya saya menginjakkan di kta tersebut dan saya pergi hanya seorang diri , saya memesan tiket + hotel sekaligus melalui salah satu aplikasi , tiket + hotel ini juga merupakan terobosan yang bagus dan pilihan yang sangat bagus untuk berhemat ongkos dan waktu karena dengan potongan harga yang bagus saya dapat menghemat pengeluaran dan tidak perlu mencari hotel lagi karena sudah sepaket . Dan dengan aplikasi ini saya tidak perlu lagi putar – putar keliling kota mencari penginapan ketika tiba di tempat tujuan. saya hanya perlu melakukan reservasi secara online dan semua menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Saya menikmati waktu berlibur saya disana dan sangat menyenangkan rasanya bisa berkunjung ke sana


Promosi yang banyak


Ada beberapa startup travel yang menyediakan layanan bepergian hemat , setiap dari beberapa startup travel ini memiliki metode pemasarannya sendiri untuk menarik customer . ada yang memberikan voucher promo dengan transaksi minimum pembelian harga tertentu . ada juga yang meberikan voucher promo secara Cuma – Cuma .cara penggunaan voucher juga sangat mudah hanya tinggal memasukkan kode voucher saat akan melakukan pembayaran dan otomatis sistem akan melakukan pemotongan harga dari harga total transaksi .
Ada juga aplikasi yang melakukan strategi pemasaran dengan menggunakan point – point , jadi setiap melakukan transaksi baik itu pemesanan pesawat maupun reservasi hotel , customer akan diberi point sesuai dengan transaksi yang dilakukan , saya sangat suka dengan metode pemasaran ini . dan yang seperti dapat membuat customer untuk terus memakai aplikasi ini supaya pointnya semakin banyak, dan reward dari point –point  ini adalah tiket pesawat dan penginapan . tentu saja ini membuat para customer harus berpikir dua kali untuk menggunakan aplikasi lain karena setiap transaksi akan mendapatkan point. Tapi saya pernah menggunakan kode promo voucher , karena menggunakan kode promo vocher itu saya jadi tidak mendapatkan point.

Aplikasi seperti traveloka menyediakan sesuatu fitur yang menarik yaitu notifikasi harga , saya pernah menggunakan fitur ini , pada saat itu uang saya disaldo tinggal sedikit dan saya harus pulang ke banda aceh karena ada keperluan , biasanya hanya tinggal pesan dan melakukan pemabayaran tapi karena saldo tinggal sedikit saya menggunakan fitur ini . kita hanya tinggal menambahkan , lalu isikan kota asal , kota tujuan ,penumpang, kelas penerbangan ,tanggal pasti dan budget total. Kemudian simpan . jangan lupa untuk notifikasi harian . jadi pada saat harga tiket telah sesuai dengan budget saya maka akan muncul notifikasi disitu saya hanya tinggal tekan dan akan dialihkan ke pemesanan penerbangan yang dipilih dan telah dengan sesuai budget. Sangat membantu dan sangat menguntungkan menurut saya .
Bahkan mereka menyediakan voucher promo keluar negeri .dengan harga yang murah untuk perjalanan keluar negeri karena ada potongan – potongan harga yang menarik.

Harga yang kompetitif


                   Harga – harga yang ditawarkan setiap aplikasi – aplikasi travel ini juga sangat kompetitif . dengan potongan – potongan harga yang menarik saya jadi tertarik untuk menggunakan setiap aplikasi yang menyediakan promo dan potongan harga yang besar . tentu saja jika saya mengajak keluarga liburan , sudah tidak perlu khawatir masalah biaya.
                   Lebaran idul fitri kemarin ayah saya mengajak kami sekeluarga untuk mengujungi kakek di tengagarong kalimatan timur. Biaya untuk saya pribadi dari Jakarta ke Kalimantan , tidak terlalu mahal. Namun biaya keluarga saya yang berangkat dari banda aceh ke Kalimantan yang cukup mahal . ternyata ayah saya menanyakan harga tiket ke travel agent . saya katakan kepada ayah saya untuk memesan menggunakan aplikasi online. Untuk membandingkan harganya , dan benar saja lebih hemat dari menggunakan travel agent. Dan biaya total keberangkatan jadi lebih murah .


Banyaknya startup – startup lainnya yang ada di Indonesia ini tentu saja sangat membantu , memperlancar dan memperudah  kehidupan saya dalam melakukan aktivitas . dan tentu saja juga membantu dalam menggerakkan ekonomi bangsa kita indonesia . semoga semua startup ini terus mengembangkan pelayanan nya menjadi semakin lebih baik lagi. #StartupLyfe #DWVlogCompetition #MyRepublicIndonesia

6 comments:

  1. iya sih kalau dipikir pikir semua sudah mudah dengan start up

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Ya betul sekali,jaman semakin canggih guys.saya sangat suka dengan aplikasi sekarang yg mempermudah konsumen dimana pun berada kita bisa menggunakan nya.

    ReplyDelete